www.riaukontras.com
| Mutakhir Data TPS Lokasi Khusus pada Pilkada 2024, Lapas Bengkalis Ikut Rapat Koordinasi di KPU | | Antisipasi Sebelum Terjadi, Petugas Lapas Bengkalis Cek APAR Secara Berkala | | Dinasti Militer & Bibit Korupsi di Kursi Gubernur Riau | | 10 Muharam, Baznas Kabupaten Siak Gelar Lebaran Yatim | | Keluhan Antrian dari Masyarakat, Komisi II Panggil Dishub Terkait Pelayanan Ro-Ro | | Persiapan Hari Jadi Bengkalis ke-512, Sekwan; Kepanitian Libatkan Seluruh Staf Sekretariat DPRD
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jumat, 19 Juli 2024
 
Bupati Siwandi Mengajak masyarakat Perbanyak Amal Dalam memperingati Nuzul Alkurkan
Editor: | jumat, 07-04-2023 - 23:29:29 WIB

TERKAIT:
   
 

Natuna, Riaukontras.com - – Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar acara peringatan Nuzulul Qur’an 1444 Hijriah/2023 Masehi di Masjid Agung, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna pada Jumat malam (07 April 2023).

Nuzulul Quran sendiri adalah peristiwa turunnya kitab suci Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Peringatan Nuzulul Quran jatuh setiap tanggal 17 Ramadhan. Pada Ramadhan 1444 H ini, Nuzulul Quran diperingati pada Sabtu, 08 Maret 2023.

Peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1444 Hijriah mengusung tema “Al Quran The Way Of Live, Implementasi nilai-nilai Al Quran di dalam kehidupan manusia era digital, Al Quran pedoman terbaik dan kunci sukses jalani kehidupan di dunia dan akhirat”.

Rangkaian peringatan Nuzul Qur’an diawali dengan Sholat Isya dan Tarawih berjamaah, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Rian Fitriani dilanjutkan dengan pemberian tausiyah oleh Ustadz Drs., H Handarlin H. Umar.

Tak hanya itu, dalam acara tersebut juga turut diberikan santunan berupa paket sembako dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) kepada masyarakat, penyerahan hadiah Lomba tilawah tingkat anak-anak putra/putri dan lomba da’i cilik, penyerahan 100 buah mushaf Al-Qur’an oleh Bupati Natuna kepada pengurus masjid Agung dan penyerahan santunan kepada anak yatim.

Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan, Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa penting bagi umat islam di seluruh dunia. Mengingat, pentingnya peran Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman.

Dengan adanya peringatan Nuzulul Qur’an ini, kita dapat lebih menghayati dan mengamalkan ajaran yang terkandung didalam Al-Qur’an,” ungkap Wan Siswandi.

Wan Siswandi juga menyampaikan, keutamaan Malam Nuzulul Quran diakui lebih baik dari 1000 bulan. Orang yang melakukan salat sunah di malam Lailatul Qadar karena mengharapkan pahala dan rida Allah SWT maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu. Hal ini juga di Sabdakan oleh Rasulullah SAW yang telah dikatakan dalam kitab Sahihain melalui Abu Hurairah.

“mari kita tingkatkan ibadah kita mulai dari malam ini, semoga kita termasuk dalam orang-orang yang beriman,” imbuhnya.

Di ahkir sambutannya Wan Siswandi juga menyampaikan permintaan maaf karena selama bulan ramadhan dirinya bersama wakil jarang hadir di Masjid Agung.

“Saya bersama pak wakil, pimpinan Forkompinda safari keliling Natuna, jadi memang mohon maaf tidak bisa selalu hadir di Masjid Agung,” tutupnya.

Sementara Ustadz Drs., H. Handarlin H. Umar dalam ceramah agamanya menyampaikan setiap kita memperingati Nuzulul Qur’an kita harus benar-benar meyakini bahwasanya Al-Qur’an merupakan petunjuk hidup bagi umat muslim.

Al-Qur’an di turunkan pada satu malam, maka malam itu merupakan malam yang paling mulia, bulan yang diturunkannya Al-Qur’an akan menjadi bulan yang paling mulia, begitu tinggi dan mulia esesnsi Al-Qur’an.

Uztadz Handarlin juga menyampaikan, Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling mulia dan istimewa dari 12 bulan yang terdapat dalam kalender agama Islam. Oleh karena keistimewaan itu bulan Ramadhan dijuluki sebagai ‘sayyidus syuhur’ yang berarti raja atau pemimpin seluruh bulan.

Julukan itu disebabkan karena di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya, antara lain lain: Pertama, di bulan ini lah Allah pertama kali menurunkan Al Quran, sebagaimana firmannya dalam Qs. Al-Baqarah ayat 185.

Kedua, di bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainnya lebih baik dari pada seribu bulan atau 83-84 tahun yakni malam Lailatul Qadar. Terakhir, di bulan Ramadhan segala bentuk amal ibadah akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Semoga kita semua menjadi orang-orang yang benar-benar mampu mengambil hikmah dari bulan mulia ini, serta kita semua termasuk ke dalam orang-orang yang beruntung,” tutupnya.

Hadir dalam acara peringatan Nuzulul Qur’an, Wakil Bupati Natuna, Sekda Natuna, dan unsur pimpinan FKPD, Pimpinan OPD Pemkab Natuna, TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas, pelajar dan masyarakat.

edi


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Bupati Siwandi Mengajak masyarakat Perbanyak Amal Dalam memperingati Nuzul Alkurkan
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved