www.riaukontras.com
| Sayuti, Warga Marpoyan Damai Ribut dengan Dishub, Berujung Tembok Penutup Jalan | | Pasca Kebakaran 2014 Silam, Gerai Lapak Pangker Resmi Kembali di Fungsikan | | Bupati Siak, Alfedri Sambut Baik Investor di Siak | | Ketua TP PKK Siak, Rasidah Alfedri, Serahkan Sembako Kepada Warga Kurang Mampu | | Peringati Harlah Ke-61, PMII Rohil Gelar Pembagian Takjil Gratis | | Tidak Manusiawi, Peti Mati Berisi Jenazah Dari PT.RSS Diangkut Pakai Dump Truck Reot
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Minggu, 18 April 2021
 
LHOKSEUMAWE
Korem 011 Lilawangsa Gelar Penataran Jurnalistik Militer, Ini Pesan Danrem
Editor: Muhammad Abubakar | Rabu, 07-04-2021 - 17:09:58 WIB


TERKAIT:
 
  • Korem 011 Lilawangsa Gelar Penataran Jurnalistik Militer, Ini Pesan Danrem
  •  

    LHOKSEUMAWE, RIAUKontraS.com - Penerangan Korem 011 Lilawangsa berperan dalam menyediakan dan menyiarkan informasi berbagai kegiatan TNI, khususnya prajurit TNI jajaran Korem 011 Lilawangsa, yang senantiasa berperan aktif dalam melaksanakan pembangunan nasional dengan bertumpu pada pembangunan masyarakat Desa.

    Untuk itu, Penerangan Korem 011 Lilawangsa menggelar penataran Jurnalistik selama tiga hari, Selasa sampai dengan Kamis 8 April 2021, di Mess Korem 011 Lilawangsa, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Selasa (6/4/2021).

    Penataran jurnalistik, pengetahuan pembuatan Berita, Foto dan Video diikuti 20 orang peserta perwakilan personel TNI yang diikuti 20 orang peserta dari masing-masing satuan Kodim di jajaran Korem 011 Lilawangsa.

    Dalam kegiatan penataran jurnalistik ini, Penrem 011 Lilawangsa menghadirkan pemateri para ahli jurnalistik maupun wartawan berkompeten, diantaranya Ayi Jufridar, Dosen Unimal sekaligus mantan wartawan Serambi Indonesia yang ahli dalam penulisan berita dan Nasir wartawan senior SCTV di Aceh yang memiliki keahlian dalam pembuatan video.

    Danrem 011 Lilawangsa mengatakan, penataran yang digelar saat ini membekali  pengetahuan tentang kamera foto sesuai perkembangan  teknologi saat ini, baik pengetahuan teknik pengambilan gambar, maupun penggunaan berbagai jenis peralatan kamera foto untuk menghasilkan gambar-gambar yang berkualitas, begitu pula dalam penulisan pemberitaan.

    Oleh karena itu, para pemateri diharapkan dapat  mentransfer  ilmu dan pengalaman berharga yang dimiliki selama ini kepada para peserta penataran. Sehingga, personel TNI di Kodim yang bertugas dibidang penerangan nantinya mampu menulis berita sesuai kaidah jurnalistik serta mampu mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang positif di satuan.

    “Bukan hanya pencitraan dan mengangkat citra TNI AD di mata masyarakat, akan tetapi memberikan informasi yang akurat, nyata yang dilakukan para prajurit TNI khususnya di jajaran Korem 011/Lilawangsa kepada publik maupun masyarakat luas.

    Personel Penerangan Miliki Peran Penting

    Komandan Korem (Danrem) 011bLilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro pada saat membuka penataran Jurnalistik penulisan Berita, Foto dan Video, mengatakan Personel Penerangan di satuan memiliki peran penting, baik di Kodam Iskandar Muda, Korem 011 Lilawangsa maupun satuan jajaran di bawahnya.

    Peran penting tersebut khususnya dalam menyebarluaskan kegiatan positif, akurat dan yang nyata dilakukan para prajurit TNI, Babinsa bersama masyarakat, baik melalui media cetak, media elektronik maupun media online.

    Lebih lanjut Danrem mengatakan, kegiatan penerangan diarahkan untuk memperoleh pandangan atau opini positif dari masyarakat serta pemahaman yang komprehensif dari prajurit tentang kebijakan Kodam Iskandar Muda khususnya Korem 011 Lilawangsa sehingga menghasilkan produk-produk yang membangun opini positif.

    “Melalui penataran ini para peserta akan dibekali berbagai materi antara lain pengenalan medsos, release berita, tehnik penulisan berita, fotografi jurnalistik dan editing video. Sehingga nantinya para peserta dapat memiliki pemahaman dan pengetahuan terhadap tugas-tugas penerangan serta mampu mempublikasikan secara tepat.

    Oleh karena itu, diharapkan para peserta mengikuti kegiatan pelatihan dengan sebaik-baiknya, gunakan kesempatan ini sebagai wahana untuk menempa diri, memperluas pengetahuan, lakukan tukar menukar pengetahuan dan pengalaman antar peserta, maupun dengan pemateri, sehingga mampu menyerap berbagai ilmu penerangan yang diberikan," harapnya.

    Danrem menyebutkan, bahwa penataran jurnalistik yang dilaksanakan selama tiga hari ini memang tidaklah cukup untuk menjadikan peserta menjadi jurnali professional, akan tetapi dengan kemauan keras, ketekunan dan kesungguhan hati para pemateri, begitupun peserta penataran nantinya dapat menghasilkan berita, video dan hasil fotografi yang bisa dinikmati masyarakat.

    Menurut Danrem, karya fotografi yang berkualitas akan dapat mengungkap banyak berita meskipun tanpa kata-kata. Begitu juga sebaliknya, karya fotografi dapat mengurangi nilai suatu berita apabila hasil gambar hanya bernilai biasa tanpa makna.


    Sumber: Penrem
    Penulis : Muhammad Abubakar

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Korem 011 Lilawangsa Gelar Penataran Jurnalistik Militer, Ini Pesan Danrem
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    3 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Mayat Siswi SMP Diduga Korban Pemerkosaan Ditemukan Setengah Bugil di Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2021 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved