www.riaukontras.com
| Langgar Prokes, Pegunjung Suzuya Mal Lhokseumawe Dirapid Test Antigen | | Kembali Satres Narkoba Polres Bengkalis Amankan TP Narkotika Jenis Shabu Desa Pangkalan Batang | | Demi Masyarakat, Polres Bengkalis Setiap Hari Turunkan Tim Beri Himbauan Prokes di Roro Air Putih | | Sudah 2 Bulan Jalan Kantor Bupati Kampar Gelap Gulita | | Pantau Harga Kebutuhan Pokok, TNI Turun Lansung ke Pasar | | Drama Penyelidikan Kasus Dugaan Korupsi Dana Pembangunan DIC Bengkalis Rp38 Milyar Dipertanyakan
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 18 Mei 2021
 
H.Zukri: Mandi Balimau Kasai Potang Mogang Akan Kami Laksanakan Di Tahun Berikutnya
Editor: | Senin, 12-04-2021 - 09:25:39 WIB


TERKAIT:
 
  • H.Zukri: Mandi Balimau Kasai Potang Mogang Akan Kami Laksanakan Di Tahun Berikutnya
  •  

    Pelalawan, Riaukontras.com – Bupati Pelalawan yang akan di lantik pada tanggal 26 April 2021 H.Zukri berjanji akan kembali melaksanakan tradisi adat yakni mandi balimau kasai potang mogang tradisi adat yang di laksanakan oleh masyarakat langgam pada tahun tahun berikutnya. Hal ini di sampaikan oleh Bupati Pelalawan Pilkada Tahun 2020 saat memberikan kata sambutannya saat menghadiri mandi balimau kasai potang mogang Bertempat di Kecamatan Langgam tepatnya di Lapangan Balai Anjungan Tepian Ranah Tanjung Bunga Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan pada Sabtu, (10/04).

    H.Zukri mengatakan bahwa mandi balimau kasai potang mogang di Kecamatan Langgam dengan telah di tetapkannya Togak Tonggol  sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada tahun 2020 dari Kementerian Pariwisata RI maka dirinya  sebagai Bupati Pelalawan berikut wajib melaksanakan kegiatan ini kembali  “ Togak Tonggol Balimau Potang Mogang di tetapkan oleh Kementerian Pariwisata RI menjadi  Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

    Kegiatan adat togak tonggol dan balimau potang mogang ini tetap di laksanakan di tahun-tahun berikutnya. Kegiatan togak tonggol ini sudah di tetapkan menjadi Warisan Budaya Kabupaten Pelalawan dan saya selaku Bupati nantinya wajib melaksanakan acara ini.” Tegas H.Zukri.

    Sementara itu sebelumnya Gubernur Riau H.Syamsuar mengatakan upacara balimau potang mogang ini menjadi tradisi dari masyarakat Kabupaten Pelalawan, tradisi yang turun temurun yang masih terjaga sampai sekarang. Tentunya kegiatan ini menjadi daya tarik wisata kebudayaan baik dari dalam maupun dari luar daerah. Oleh karena itu marilah kita sama-sama mendukung dan melestarikan budaya yang sudah ada, dan kepada generasi penerus dapat melanjutkan budaya yang baik ini. Pemerintah Propinsi Riau  menyambut baik atas kegiatan balimau kasai potang mogang, mudah-mudahan di tahun yang akan datang dapat di laksanakan kembali oleh  Bupati Pelalawan yang akan di lantik pada tanggal 26 April 2021 H.Zukri.

    Mandi balimau kasai potang mogang adalah salah satu tradisi masyarakat langgam saat menyambut bulan suci ramadhan, tradisi ini dilaksanakan 4 hari sebelum bulan ramadhan. Mandi balimau sendiri bermakna mandi dengan menggunakan air yang dicampur jeruk serta wewangian, kasai adalah salah satu bahan yang dicampurkan didalam air pemandian yang terbuat dari campuran beras,kunyit,daun serai dan daun jeruk purut. sedangkan potang mogang adalah menjelang petang.

    Rangkaian acara yang dilakukan antara lain bersih-bersih makam dan ziarah bersama, upacara tonggak tonggol , tonggol sendiri memiliki arti bendera atau lambang kemerdekaan suku besar di kelurahan langgam. Tujuan dari tradisi mandi balimau kasai potang mogang ini pertama untuk membersihkan diri menyambut bulan suci ramadhan,kedua tradisi ini bertujuan untuk berkumpul dan bersilaturahim bersama masyarakat,teman,keluarga dan sebagainya.(*).

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • H.Zukri: Mandi Balimau Kasai Potang Mogang Akan Kami Laksanakan Di Tahun Berikutnya
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    3 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Mayat Siswi SMP Diduga Korban Pemerkosaan Ditemukan Setengah Bugil di Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2021 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved