www.riaukontras.com
| TNI-Polri Sekat Pengunjung Objek Wisata di Aceh Timur | | 28 Rumah di Kutacane Terendam Banjir, TNI Evakuasi Warga | | Saiful Zahri dan Rusli Achmad SE Nakhodai SPBUN PTPN-I Periode 2021-2026 | | Lintas Blangkejereren Aceh Lumpuh Total Akibat Longsor | | TNI Bantu Pemerintah Desa Atasi Sampah yang Menutupi Badan Jalan | | Babinsa Lakukan Pendampingan Terhadap Petani Cabai di Aceh Utara
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 17 Mei 2021
 
TNI AL Gagalkan Penyeludupan Sabu Seberat 10,75 Kg di Perairan Rupat Utara
Editor: Indra | Sabtu, 19-09-2020 - 23:39:26 WIB


TERKAIT:
 
  • TNI AL Gagalkan Penyeludupan Sabu Seberat 10,75 Kg di Perairan Rupat Utara
  •  

    Riau, RIAUkontraS.com - Jajaran TNI Angkatan Laut (AL) menangkap pelaku penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 10,75 kilogram di jalur laut di Selat Malaka, perairan Rupat Utara, Riau. Tim TNI AL pun menangkap dua pelaku penyelundupan itu.


    Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid mengatakan kronologi penangkapan tersebut. Penangkapan penyelundupan sabu itu dimulai saat Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai mendapatkan informasi terkait narkoba dari Malaysia yang akan masuk ke wilayah Indonesia pada Jumat (18/9) siang.


    "Pada Jumat siang (18/09/20) Pangkalan Lanal Dumai mendapatkan informasi bahwa ada narkoba dari Malaysia yang akan masuk Indonesia. Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan memerintahkan seluruh jajaran untuk melaksanakan penyekatan dan pengetatan operasi," kata Rasyid dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/9/2020).


    Menurut Rasyid, tim Lanal Dumai telah melihat perahu yang mencurigakan di perairan Pulau Rupat menuju ke arah Pulau Bengkalis sekitar pukul 17.00 WIB. Kemudian tim Lanal Dumai segera mengejar kapal tersebut.


    Rasyid mengatakan tim Lanal Dumai menemukan narkoba jenis sabu yang dikemas dalam 10 kemasan bungkus teh merek China. Hal ini diketahui usai paket tersebut diidentifikasi di Laboratorium Bea dan Cukai Kelas II Medan.


    "Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan 10 paket yang diduga sabu. Terhadap tersebut, selanjutnya diuji dan diidentifikasi di Laboratorium Bea dan Cukai Kelas II Medan dan diperoleh hasil bahwa barang bukti tangkapan Lanal Dumai dipastikan Narkoba, mengandung zat jenis methamphetamine kandungan NPP positif (sabu) berbentuk kristal bening seberat 10,75 kg yang dikemas dalam 10 bungkus teh kemasan merek China," jelasnya.


    Rasyid menegaskan pandemi virus Corona (COVID-19) tidak menghentikan pelaku jaringan penyelundupan narkoba untuk melakukan aksinya. Ia menegaskan TNI AL akan terus melakukan pemberantasan segala bentuk pelanggaran hukum dan kejahatan di laut yurisdiksi nasional.


    "Pandemi COVID-19 yang masih menjadi ancaman bagi negeri ini tidak menjadikan pelaku jaringan penyelundupan narkotika ini mengurungkan upayanya melakukan aksi penyelundupan barang haram," terang Rasyid.


    "TNI Angkatan Laut, khususnya Koarmada I tidak akan pernah mengendurkan komitmennya dalam melakukan pemberantasan segala bentuk pelanggaran hukum dan kejahatan di laut yurisdiksi nasional, utamanya di wilayah kerja Koarmada I, walaupun di tengah Pandemi COVID-19," sambungnya.


    Selain itu, Komandan Lantamal I Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso mengungkapkan Selat Malaka memang masih sering digunakan sebagai pelintasan penyelundupan narkoba. Namun, Wahyu menegaskan jajaran Lantamal I Belawan akan terus mengawasi dan memberantas tindakan penyelundupan di kawasan itu.


    "Perairan timur Sumatera di sepanjang Selat Malaka masih banyak digunakan sebagai pelintasan penyelundupan narkotika. Jajaran Lantamal I Belawan beserta Lanal jajarannya akan terus melakukan pengawasan dan melaksanakan pemberantasan tindakan penyelundupan narkotika, penyelundupan komoditas, dan tindakan ilegal lainnya yang berpotensi terjadi. Pelanggaran tersebut sampai dengan saat ini masih tetap terus terjadi walaupun di tengah pandemi COVID-19," kata Wahyu dalam keterangan yang sama.



    Sumber : detikNews.com


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • TNI AL Gagalkan Penyeludupan Sabu Seberat 10,75 Kg di Perairan Rupat Utara
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    3 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Mayat Siswi SMP Diduga Korban Pemerkosaan Ditemukan Setengah Bugil di Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2021 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved