www.riaukontras.com
| Menyikapi Persoalan Hukum Menjerat Wartawan, Wahyudi El Panggabean: Taati KEJI | | Kejati Riau Hentikan Penyelidikan Dugaan Tipikor pembangunan Payung Elektrik Masjid Raya Annur | | Kajati Riau Ikuti Kegiatan Musrenbang Kejaksaan RI Tahun 2024 | | Wakajati Riau Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 | | Jaksa Agung: Entitas Jaksa ASEAN Meningkatkan Kolaborasi Antar Lembaga Kejaksaan se-ASEAN | | Jam-Pidsus: Kerugian 271 T Bukan Soal Besarnya Tetapi Bagaimana Mengembalikan Kondisi Seperti Semula
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 25 April 2024
 
Laporan Reses DPRD Pekanbaru Masa Sidang II 2021-2022
Editor: | Senin , 20-06-2022 - 21:55:43 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, Riaukontras.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menggelar rapat paripurna dengan agenda laporan pelaksanaan kegiatan reses anggota DPRD Pekanbaru masa sidang ke-II tahun 2021/2022, berlangsung di Ruang Paripurna Gedung Balai Payung Sekaki, Senin (20/6/2021).

Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM didampingi Dua Wakil Ketua lainnya Ginda Burnama ST dan Tengku Azwendi Fajri SE. Dan dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil, Kepala OPD hingga Camat.

Rapat Paripurna Laporan Pelaksanaan Kegiatan Reses Anggota DPRD Pekanbaru masa sidang ke-II tahun 2021/2022 ini dibuka secara langsung Plt Sekretaris DPRD Pekanbaru, Baharuddin.

Laporan pelaksanaan reses ini dibacakan oleh masing-masing juru bicara (jubir) yang mewakili daerah pemilihan (dapil). Diantaranya, Muhammad Isa Lahamid dari Dapil I (Limapuluh-Sukajadi-Pekanbaru Kota), Irman Sasrianto dari Dapil II (Rumbai-Rumbai Timur-Rumbai Barat), Ruslan Tarigan dari Dapil III (Tenayan Raya-Sail-Kulim). Indra Sukma dari Dapil IV (Bukit Raya-Marpoyan Damai), Ida Yulita Susanti dari Dapil V (Tuah Madani & Binawidya) dan Doni Saputra dari Dapil VI (Senapelan-Payung Sekaki). Keenam juru bicara ini menyampaikan hasil laporan kegiatan reses yang dilaksanakan pada tanggal 12-17 April 2022.

Adapun persoalan yang dibacakan dalam penyampaian reses anggota DPRD Pekanbaru ini antara lain terkait infrastruktur seperti pengaspalan dan semenisasi, perbaikan drainase dan jembatan, sampah, banjir, penerangan lampu jalan, pelayanan administrasi kependudukan seperti pengurusan BPJS, KIS dan Jamkesda.

Selain itu, masalah pendidikan seperti penyaluran dana BOS, pelayanan kesehatan hingga bantuan modal usaha bagi UMKM juga menjadi sorotan dalam laporan pelaksanaan reses anggota DPRD Pekanbaru.

Dalam kesempatan itu, Juru bicara Dapil I Eri Sumarni menyampaikan dari berbagai persoalan yang disampaikan masyarakat saat reses kemarin, yang paling utama diselesaikan Pemko yakni, masalah jalan rusak dan galian PDAM (SPAM).

“Masih banyak jalan-jalan rusak akibat galian galian IPAL yang belum diperbaiki. Sekarang ditambah lagi dengan PDAM. Masyarakat berharap segera diperbaiki tanpa alasan,” imbuhnya.

Selain itu, juru bicara Dapil IV Indra Sukma menyampaikan ada ratusan usulan masyarakat yang ia terima. Secara umum aspirasinya, infrastruktur jalan aspal dan semenisasi, drainase, gorong-gorong, KIS, Jamkesda, beasiswa, persampahan dan lainnya.

‘Tolong Pak Pj Wako direalisasikan. Jangan hanya janji semata,” uajar juru bicara Dapil IV Indra Sukma.

Sementara itu, juru bicara Dapil V Ida Yulita Susanti, SH.,MH, dalam Paripurna tersebut justru menyampaikan, bahwa aspirasi yang diterima anggota dewan, hampir sama.
Bahkan, menurutnya, setiap kali reses, jarang persoalan baru yang muncul, selain masalah prioritas infrastruktur, banjir dan lainnya.

“Kami sampaikan ke Pj Wali Kota, bagaimana hasil reses kami ini diakomodir Pemko. Jangan anggap sepele, karena permintaan masyarakat memang menjadi kebutuhan mendasar,” tegas Ida.

Dikatakan Ida, Yang paling penting lagi, pihaknya berharap agar Pj Wali Kota dan TAPD, untuk memetakam keuangan daerah secepatnya. Apalagi sekarang hutang tunda bayar Pemko Pekanbaru sekitar Rp 300 miliar lebih.

“Kami harapkan evaluasi pendapatan daerah. Tinggal 6 bulan lagi. Karena jika tak dipetakan secara jujur, maka pesimis bisa membayar hutang tunda bayar,” pinta Politisi Partai Golkar ini, seraya mengajak semua pihak bersinergi dengan Pj Wali Kota, untuk membangun Kota Pekanbaru ini.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM, Pasa media ini mengatakan, dari aspirasi yang disampaikan masyarakat dalam kegiatan reses anggota dewan kali ini menyoroti masalah infrastruktur, banjir hingga sampah. Secara normatif, point-point yang dibacakan itu lebih memfokuskan kepada infrastruktur.

“Sampah dan banjir juga menjadi tugas mendesak bagi Pj Wako yang harus dituntaskan. Jalan rusak akibat proyek pengerjaan IPAL itu juga menjadi salah satu masukan yang ada didalam lampiran reses anggota DPRD,” ujarnya.

Ir Nofrizal MM berharap laporan hasil pelaksanaan reses yang telah disampaikan oleh anggota DPRD Kota Pekanbaru dalam sidang paripurna ini bisa segera ditindaklanjuti oleh Pemko Pekanbaru.

“Semoga aspirasi yang disampaikan ini bisa direalisasikan oleh Pj Walikota,” ujar Nofrizal, usai rapat.

Menyikapi hal itu, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun akan merespons hasil reses yang disampaikan anggota DPRD di daerah pemilihan masing-masing.

“Kita akan coba optimalkan hasil reses anggota DPRD ini didalam APBD Kota Pekanbaru. Tetapi, bukannya semuanya diakomodir langsung karena mengingat kondisi keuangan,” tutupnya.



Berita: Galeri Foto DPRD Kota Pekanbaru
Editor: Emos


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Laporan Reses DPRD Pekanbaru Masa Sidang II 2021-2022
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved