www.riaukontras.com
| Langkah Strategi Pemkab Siak Wujudkan Indonesia Emas 2045 | | Usai Bada Jumat, Kejari Temu Ramah Bersama Jurnalis Pulau Bengkalis | | Alfedri: Apresiasi Pembangunan di Kampung Rawang Kao Berkembang Pesat | | Pimpinan DPRD Bengkalis Hadiri Penyampaian LHP LKPP Tahun 2023 | | Pansus RPJPD Bengkalis Sinkronkan Draft Ranperda ke Bappedalitbang Provinsi Riau | | Wakil Ketua DPRD Bengkalis Silaturahmi dan Sambut Aspirasi Guru P3K
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 13 Juli 2024
 
Penyaluran Zakat Tahap III Kecamatan Sungai Apit Dan Sabak Auh, Ini Harapan Alfedri
Editor: | Jumat, 21-08-2020 - 23:37:55 WIB


TERKAIT:
   
 

Siak, riaukontras.com - Zakat merupakan salah satu upaya Islam dalam mengentaskan kemiskinan. Dengan kesadaran membayar zakat yang tinggi, angka kemiskinan dapat ditekan. Hal itu disampaikan Bupati Siak Alfedri saat memberikan sambutan pada acara penyerahan zakat tanap III bagi Mustahik Kampung Teluk Mesjid Kecamatan Sungai Apit di Masjid Al-Istiqomah, Kamis (20/8/2020) petang.

Bupati juga menyampaikan bahwa penyaluran zakat saat ini selain di peruntukkan bagi Mustahik yang berhak menerima, juga di bagikan kepada masyatakat terdampak ekonomi akibat pandemi. Dalam hal ini, Dinas Sosial dan Satuan Tugas Percepatan Penanggulangan covid-19 Kabupaten Siak terus melakukan upaya pendataan.

“Zakat konsumtif bagi masyarakat Kampung Teluk Mesjid ini berjumlah Rp. 96 juta dalam bentuk uang tunai dan paket sembako. Selain bagi Mustahik yang berhak menerima juga di peruntukkan bagi masyarakat yang terkana dampak covid-19”, jelasnya. Bupati berharap agar pendistribusian zakat konsumtif ini dapat meringankan beban masyarakat (Mustahik), dan menjadi amal ibadah bagi para pemberi zakat (Muzakki). “Mudah-mudahan zakat konsumtif ini dapat membantu meringankan beban masyarakat, dan semoga ini menjadi amal ibadah bagi para muzakki yang telah mengeluarkan zakatnya”, sebutnya.

Di tempat terpisah, tepatnya di Masjid Al-Hidayah Kampung Selat Guntung Kecamatan Sabak Auh, Bupati Alfedri juga menyerahkan Zakat konsumtif bagi 60 Mustahik dan masyarakat terdampak covid-19 berjumlah Rp. 120,4 juta dalam bentuk paket sembako dan juga uang tunai.

Acara di awali dengan penyerahan secara simbolis zakat konsumtif berupa paket sembako dan uang tunai kepada perwakilan Mustahik oleh Bupati Siak Alfedri di dampingi oleh Komisioner Basnaz Kabupaten Siak H. Rojikin. Dalam sambutannya, pemimpin Siak itu menghimbau kepada masyarakat yang memiliki harta telah mencapai nisaf untuk mengeluarkan zakat, melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kecamatan Sabak Auh. “Saya berharap kepada masyarakat yang hartanya telah mencapai nisaf untuk mengeluarkan zakat melalui Baznas Kecamatan Sabak Auh. Seperti perniagaan dan pertanian wajib di keluarkan 2,5 persen sebagai zakat. Ini harus kita tingkatkan terus agar saudara-saudara kita (Mustahik dan masyarakat terdampak covid-19) bisa mendapatkan haknya”, harapnya.

Alfedri lantas mengajak masyarakat yang telah menerima zakat untuk mendoakan para penyalur zakat (muzakki) yang telah menunaikan kewajibannya sesuai rukun Islam ketiga. “Zakat yang bapak terima pada hari ini, hak bapak ibu, yang di titipkan melalui muzakki yang memiliki kekayaan lebih. Di titipkan kepada Baznas dan hari ini bapak ibu terima, ini sebagai upaya melaksanakan rukun Islam yang ketiga. Mari kita doakan semoga para muzakki diberikan kesehatan dan di lapangkan rizkinya”, harapnya. Lanjut kata Alfedri, di tengah pandemi covid 19, diharapkan dana zakat ini setidaknya mampu meringankan masyarakat yang terdampak covid 19 di Kecamatan Sabak Auh. “Kami berharap, zakat kosumtif yang di salurkan, setidaknya sedikit dapat meringankan beban para mustahik dan masyatakat yang terdampak wabah covid-19 Kecamatan Sabak Auh, khususnya Kampung Selat Guntung ini,” ujar duta Zakat Siak itu.

Usai acara, pemimpin rendah hati itu kemudian dengan mengendarai sepeda motor beranjak menuju rumah Ibu Murtini (seorang janda) yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi acara di tempat ini (rumah ibu Murtini) Alfedri kemudian menyerahkan satu unit rumah layak huni program Baznas Kabupaten Siak. Menurut Alfedri, program rumah layak huni Baznas ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah daerah dan masyarakat yang telah mampu (muzakki) kepada masyarakat yang sangat membutuhkan.

Terlihat, ibu Murtini ketika menerima rumah tersebut tampak sangat terharu dan dengan nada terbatas mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Bupati Alfedri dan Baznas Kabupaten Siak yang telah peduli dan memberikannya satu unit rumah layak huni untuknya. Setelah prosesi penyerahan bantuan rumah usai, Bupati Alfedri lantas menyapa ratusan masyarakat yang secara antusias menunggu sang umara’ Sambil salam siku, Alfedri terus mengingatkan masyarakat untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan setiap saat agar terhindar dari wabah covid-19.

Hadir dalam acara ini, komisioner Baznas Siak, Camat beserta Upika Sungai Apit, Camat beserta Upika Sabak Auh,, ketua dan pengurus UPZ kecamatan dan kampung, para ulama, tokoh masyarakat serta ratusan mustahik penerima zakat.

Dwi

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 081261018886 / 085278502555
via EMAIL: riaukontras@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Penyaluran Zakat Tahap III Kecamatan Sungai Apit Dan Sabak Auh, Ini Harapan Alfedri
  •  
    Komentar Anda :

     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 "MEMORI" Dari Sisilah Marga Gea
    3 Diberitakan Tentang Dugaan VC Sex, Oknum PNS MW di Nias Mencoba Intimidasi dan Melaporkan Wartawan
    4 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    5 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    6 Kembali Diamanahkan sebagai Pj Walikota Pekanbaru, ini Program Prioritas yang Sukses Dijalankan
    7 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    8 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    9 Menelisik Geliat Prostitusi Online Kota Duri, Antara Sindikat Prostitusi dan Penipuan
    10 Dimasa Pandemi Covid-19, Parma City Hotel Diduga Sediakan PSK Pada Tamu yang Menginab
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman | SOP Perlindungan Wartawan | Kode Perilaku Perusahan Pers | Visi-Misi | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2022 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved