www.riaukontras.com
| TLCI Chapter 2 Riau Peduli, Gelar Baksos Dipelosok Kampar Kiri. | | F.SPTI-K.SPSI PUK.TKBM Telah Terbentuk di Medan Estate Kec. PS Tuan Deliserdang | | Pansus RTRW Bahas Wilayah Kawasan di Kabupaten Bengkalis Bersama Walhi Riau | | Bupati Tapsel Dan Kapolres Minta Masyarakat Jadi Jurkam Protokol Kesehatan | | Kades Simpang Jaya Kerahkan 20 Unit Tank Semprot Untuk Melawan Covid-19 | | Kunjungan Kornas TRC PPA Didampingi Ketua Korwil Riau Ke Mapolda Riau Disambut Hangat Wakapolda
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 14 Juli 2020
 
Pembangunan SMAN Bernas Tidak Sesuai Spek,PPTK Disdik Prov Riau,Danil:Pelaksanaan Sesuai Perencanaan
Editor: | Minggu, 14-01-2018 - 17:11:27 WIB
Ket Gambar: Pemasangan Cerocok Bangunan Gedung Sekolah Menegah Atas Negeri Bernas Porovinsi Riau di Kabupaten Pelalawan yang dilaksanakan tidak sesuai RAB
TERKAIT:
 
  • Pembangunan SMAN Bernas Tidak Sesuai Spek,PPTK Disdik Prov Riau,Danil:Pelaksanaan Sesuai Perencanaan
  •  

    PELALAWAN, RIAUKontraS.com - Pelaksanaan pembangunan Gedung Sekolah Menengah Atas Negeri Bernas di Kabupaten Pelalawan bersumber Dana APBD Provinsi Riau tahun 2017, tidak sesuai SITE PLANT.

    Gedung SMAN Bernas yang menelan Dana APBD Provinsi Riau sebesar Rp 1,8 Milyar dengan No. Kontrak- 420/Diaduk/2.3/2017/1827, di duga bermasalah.

    Pasalanya, perencanaan pembangunan Gedung SMAN Bernas ini di Kabupaten Pelalawan, telah salah dalam SITE PLANT sehingga dampak fatalnya kedepan mempengaruhi tata ruang dan tata letak bangunan ruang kelas yang dikhawatirkan tidak memiliki kekokohan untuk bertahan lama.

    Hal ini disampaikan salah seorang Ketua Pemuda RT 02 RW 05 Keluaraha Kerinci Barat kepada wartawan di Jalan Abdul Djalil Kecamatan Pkl Kerinci, Kabupaten Pelalawan-Riau, Jumat (12/1/2018).

    Menurut Budi, Dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) tidak ada item pekerjaan CUT And FILL, akan tetapi, karena lokasi bangunan diatas rawa yang jauh hari diratakan dengan dozeer maka pihak Disdik Provinsi Riau dibuat suatu kesepakatan.

    "Ya, mereka membuat suatu kesepakatan bersama PPK, Konsultan pengawas, Rekanan dan Pengguna anggaran untuk melakukan Adedum dan memindahkan letak bangunan dari posisi semula ke lokasi lain alias di geser di dalam areal SITE PLANT," jelasnya.

    Persoalan yang muncul dari kesalahan SITE PLANT atau gambar situasi tersebut, mengakibatkan pemindahan lokasi bangunan pada kondisi tanah labil .

    "Tanah lokasi bangunan itu kan rawa. Semestinya pihak konsultan lebih dulu memperhatikan kondisi tanah," ucap Budi sembari menerangkan bahwa tempat lokasi bangunan itu didirikan percis diatas aliran air yang telah ditimbun dan didalamnya menyimpan Air.

    Benar, sebelum lokasi itu di datarkan menjadi tempat masyarakat mencari ikan (mancing) karena suatu danau yang terbentuk seperti kolam. Ini sungguh aneh rasanya, PPK dan Rekanan Kontraktor tidak memikirkan kualitas dan daya tahan kekokohan bangunan itu.

    "Bila bapak-bapak tidak percaya. Mari bersama dengan saya kelokasi bangunan membuktikannya," jelas Budi seraya meyakinkan wartawan.

    Perlu diketahui, pemasangan cerocok di setiap titik tiang pondasi itu hanya 30 CM kedalamannya, "Ya, mengenai buktinya, ini Foto dokumentasi yang saya ambil saat di kerjakan oleh tukang," katanya sambil memberikan dokumen Foto pemasangan cerocok itu.

    Sumber mengatakan lagi, informasi pemacangan cerocok tersebut sepanjang 3 Meter kedalannya dengan ukuran kayu diameter 10x15 dengan jenis kayu mahang. Kenyataannya bukan kayu mahang.

    Lebih lanjut Budi menjelaskan, dalam RAB, pemasangan Plafon setebal 0,4 MM dan yang terpasang berukuran 0,2 MM. selanjutnya pekerjaan Kusen Pintu dan Jendela dalam RAB memakai Kayu kelas 1 dan terpasang kayu campuran yang tidak bermutu alias tidak sesuai dengan Specsifikasi.

    Sementara itu, Kepala Bidang Disdik Provinsi Riau, Kahiri yang dihubungi ungkapriau.Com melalui salulernya, Sabtu (13/1/2018), tidak mendapat jawaban, walaupun HP yang bersangkutan dalam keadaan aktif.

    kemudian Media ini menghubungi Pejabat Pembuat Teknis Kerja (PPTK), Danil yang menyatakan pelaksanaan pengerjaan proyek Gedung SMAN Bernas itu sudah sesuai Specsifikasi.

    "Pembangunan SMAN Bernas di Daerah Kabupaten Pelalawan itu sudah dilaksanakan sesuai gambar. Apalagi dalam pengerjaannya saat itu dijaga langsung oleh Consultant CV. SMART DESIGN CONSULTANT," ujar PPTK sambil membantah jika pekerjaan itu tidak sesuai.

    Media ini menyinggung persoalan pemasangan Plafon dan pemasangan kusen Pintu yang dinilai tidak sesuai. Danil menyarankan wartawan untuk menghubungi Consultannya.

    Ya, mengenai masalah pemasangan Plafon dan Kusen tidak sesuai menurut masyarakat disana, lebih bagusnya rekan-rekan hubungi langsung consultannya.

    "Consultan yang lebih tahu masalah itu," kata PPTK menjawab konfirmasi wartawan singkat.

    Terkait dengan kasus ini, Tipikor Polda Riau dan Kajati Riau. Diminta untuk menindaklanjuti karena dalam pengerjaan proyek Gedung SMAN Bernas Pelalawan ini oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau terkesan gagal kontruksi dan tetap di kerjakan.

    Sumber: Ungkapriau

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Pembangunan SMAN Bernas Tidak Sesuai Spek,PPTK Disdik Prov Riau,Danil:Pelaksanaan Sesuai Perencanaan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    6 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    7 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    8 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    9 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
    10 Ida Yulita: Anggaran Honor PMB RW Sebesar Rp. 13 Miliar, RT/RW Cuma Dapat Caci Maki
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved