www.riaukontras.com
| TLCI Chapter 2 Riau Peduli, Gelar Baksos Dipelosok Kampar Kiri. | | F.SPTI-K.SPSI PUK.TKBM Telah Terbentuk di Medan Estate Kec. PS Tuan Deliserdang | | Pansus RTRW Bahas Wilayah Kawasan di Kabupaten Bengkalis Bersama Walhi Riau | | Bupati Tapsel Dan Kapolres Minta Masyarakat Jadi Jurkam Protokol Kesehatan | | Kades Simpang Jaya Kerahkan 20 Unit Tank Semprot Untuk Melawan Covid-19 | | Kunjungan Kornas TRC PPA Didampingi Ketua Korwil Riau Ke Mapolda Riau Disambut Hangat Wakapolda
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 14 Juli 2020
 
Selain "Bunting, Sliding" Pekerjaan Bahu Jalan di Abaikan
Editor: | Senin, 31-07-2017 - 21:31:02 WIB
Pembangunan Rigid Duri- Sontan,/ Pemeliharaan Sontang Kota Lama
TERKAIT:
 
  • Selain "Bunting, Sliding" Pekerjaan Bahu Jalan di Abaikan
  •  

    PEKANBARU, RIAUKontraS.com  – Puluhan miliar dana APBD Riau tahun 2016 yang disalurkan melalui dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Privinsi Riau, disinyalir disunat. Betapa tidak, dana yang dianggarkan untuk  pembangunan dan pemeliharaan jalan, kondisinya sudah retak, bunting dan slinding bahkan pekerjaan bahu jalan diabaikan. Sementara Kadis PU Penataan Ruang Provinsi Riau, Ir, Dadang Eko Purwanto, menyampaika pekerjaan sudah seusai kontrak. Benarkah ?

    Misalnya Kegiatan peningkatan Jalan Dalu- Dalu –Mahato (AK) bernilai Rp 39.999.948.,24, nama pemenang PT. Pagar Alam Perkasa, paket kegiatan Mahato - Simpang Manggala nilai kegiatan Rp. 19.754.450.800,00 pemenang PT. Putra Hari Mandiri, pimpinan kegiatan  Basharuddin, ST,  peningkatan Jalan Bagan Siapi-api – Sinaboi dengan nilai kegiatan Rp. 9.750.055.776,87 pemenang PT. Candra Cipta Sarana pimpinan kegiatan Damon.ST serta paket kegiatan Peningkatan Jalan Duri –Simpang Jurong, pimpinan kegiatan Kushidayat, ST bernilai puluhan miliar rupiah.

    Selain itu,  terdapat juga kegiatan pemeliharaan jalan disinyalir amburadul terdapat pada kegiatan Pemeliharaan Jalan Sontang- Kota Lama –Simpang Suram bernilai Rp. 9.756.101.889,89 pemenang PT. Berkat Yakin Gemilang  pimpinan kegiatan Zainun, ST.

    Dari investigasi lapang yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu di pada ruas jalan Dalu-dalu –Mahato- Manggalang,  ditemukan adanya kegiatan jalan rigid tahun 2016, kini kondisi jalan yang baru dikerjakan beberapa bulan lalu tersebut terdapat keretakan dibeberapa titik. Terdapat juga pekerjaan baru jalan yang  tidak merata, kondisi tersebut dapat dilihat disepanjang jalan.

    Sementara, Pejabat Pimpinan Kegiatan, Basharuddin, ST yang dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya beberapa waktu lalu, membantah adanya keretakan jalan pada paket kegiatan Dalu –dalu- Mahato yag di pimpinnya, “ Tidak ada itu kerusakan pada paket yang saya pimpin, semua sudah dikerjakan sesuai perencanaan”  kalaupun ada hal yang  tidak sesuai kita tunggu pemeriksaan pihak yang berkompenten,  seperti  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), katanya.

    Kondisi keretakan badan jalan rigid dan pekrjaan bahu jalan yang terabaikan tidak hanya terjadi pada paket kegiatan Dalu-dalu –Mahato, kondisi yang sama terjadi pada paket kegiatan Peningkatan Jalan Duri –Simpang Jurong, pimpinan kegiatan Kushidayat, ST. Disepanjang jalan ditemukan keretakan jalan yang sangat parah bahkan bisa mengancam keselamatan pengguna jalan, karena selain badan jalan yang sudah mengalami keretakan yang cukup parah, kegiatan bahu jalan pada paket kegiatan tersebut tidak dilaksanakan.

    Akan tetapi, kepala dinas Pekerjaan Umum  dan Penata Ruang, Ir. Dadang Eko Purwanto, MT. dalam suratnya bernomor 480/PUPR/V/2017/1281 menjawab konfirmasi wartawan terkait paket kegiatan Peningkatan Jalan Duri –Simpang Jurong, pimpinan kegiatan Kushidayat, ST membantah ada kerusakan tersebut, menuliskan bahwa  kegiatan pada paket dimaksud sudah dilaksanakan sesuai kontrak, sementara pekerjaan bahu jalan  yang dibayarkan  adalah sesuai dengan addendum  final  dan volume yang terpasang dilapangan.

    Kondisi pekerjaan yang sama juga terjadi pada kegiatan peningkatan Jalan Bagan Siapi-api – Sinaboi. Pimpinan kegiatan Damon.ST kepada wartawan diruang kerjanya beberapa waktu lalu mengatakan, kondisi sekarang  pada paket kegiatan pembangunan jalan Bagan Siapi api- Sinaboi saya tidak tau, “Saya sudah lama tidak kelapangan terkendala anggaran biaya perjalanan” seperti apa kondisi pada saat ini saya tidak bisa menjelaskan, jawab Damon dengan santai.

    Kegiatan Pemeliharaan Jalan Sontang- Kota Lama –Simpang Suram bernilai Rp. 9.756.101.889,89 pimpinan Zainun , ST sudah mengalami kerusakan parah, bunting / sliding menghiasi sepanjang jalan. Kondisi tersebut tidak dapat dikonfirmasi karena Zainun tidak dikantor, bahkan surat konfirmasi yang sudah disampaikan melalui kepala bidang pemeliharaan hingga kini tidak ada jawaban.

    Ketum Forum Sosial Investigasi Konstruksi Indonesia (FORSIKI) yang dimintai komentarnya sangat menyayangkan kondi pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan melalui dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, kondisi ini kita tidak hanya mendengar saja dari rekan rekan Pers, malah kita dari FORSIKI sudah melakukan investigasi lapangan di beberpa paket kegiatan, hasilnya sama dengan yang disampaikan oleh rekan rekan wartawan, kondisi ini jangan dibiarkan, kita harus menyuarakan, bahkan kini kita sedang berkordinasi kepihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan pemeriksaan lapangan. Pada paket kegiatan yang disampaikan ini kita dari FORSIKI segera menyurati pihak BPK , tegas ONAS. (Nzr/rkc)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Selain "Bunting, Sliding" Pekerjaan Bahu Jalan di Abaikan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    6 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    7 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    8 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    9 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
    10 Ida Yulita: Anggaran Honor PMB RW Sebesar Rp. 13 Miliar, RT/RW Cuma Dapat Caci Maki
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved