www.riaukontras.com
| Kades Simpang Jaya Kerahkan 20 Unit Tank Semprot Untuk Melawan Covid-19 | | Kunjungan Kornas TRC PPA Didampingi Ketua Korwil Riau Ke Mapolda Riau Disambut Hangat Wakapolda | | Diduga Ada Penyimpangan Penyaluran Dana Media, DPW MOI Layangkan Surat Uadiensi ke Ketua DPRD | | Gantikan Syahrul Thaib, Said Mahdum Jabat Sekretaris Daerah Kota Langsa | | Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19, Test Kenaikan Sabuk Perguruan IKS-PI Kera Sakti | | Terdampak Covid-19, Pemerintah Desa/ Kampung Tuah Indrapura Salurkan Dana BLT-DD
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 13 Juli 2020
 
UPT Puskesmas Tembilahan Hulu Gelar Lomba Senam CTPS Tingkat SD, SMP dan SMA
Editor: | Kamis, 14-11-2019 - 17:41:53 WIB

TERKAIT:
 
  • UPT Puskesmas Tembilahan Hulu Gelar Lomba Senam CTPS Tingkat SD, SMP dan SMA
  •  

    INHIL,RIAUKontraS.com – UPT Puskesmas Tembilahan Hulu menggelar Lomba Senam Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) tingkat SD, SMP dan SMA, Kamis (14/11/2019) pagi di halaman UPT Puskesmas Tembilahan Hulu, Jalan Gajah Mada.

    Lomba Senam CTPS tingkat SD, SMP dan SMA ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019.

    Terdapat 21 kelompok peserta lomba yang terdiri dari peserta SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Tembilahan Hulu.

    Menurut Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Hulu, Rosdinah, tujuan khusus pelaksanaan lomba senam CTPS adalah untuk memasyarakatkan, khususnya kepada anak sekolah bahwa mencuci tangan merupakan salah satu unsur paling penting dalam kehidupan sehari-hari guna membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat.

    “Cuci tangan ini nampaknya sepele, tapi susah untuk dilakukan. Kami saja, petugas Puskesmas susah untuk melakukannya. Mungkin dengan adanya lomba ini anak-anak ini bisa melakukan,” kata Rosdinah di ruang kerjanya.

    Rosdinah menjelaskan, dampak positif dari perilaku hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan pakai sabun. Dari hasil penelitian, diungkapkan Rosdinah, perilaku hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan pakai sabun dapat menurunkan angka diare dan ISPA.

    Lebih lanjut, Rosdinah mengungkapkan, lomba senam CTPS tahun ini merupakan yang kedua, yang mana pertama kali pernah dilaksanakan kegiatan serupa pada tahun 2018 lalu. Untuk tahun ini, dikatakan Rosdinah, terjadi peningkatan jumlah peserta jika dibandingkan pada tahun sebelumnya.

    “Tahun lalu, kita laksanakan di SD 02 Pulau Palas. Tahun kemarin hanya untum tingkat SD. Tahun ini, kami buka untuk semua jenjang sekolah, dari SD sampai SMA. Jadi, ada peningkatan jumlah peserta,” jelas Rosdinah.

    Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Hulu, Rosdinah menjelaskan secara rinci tentang aktifitas mencuci tangan pakai sabun, mulai dari arti mencuci tangan sampai dengan manfaat mencuci tangan menggunakan sabun.

    Menurut Rosdinah, mencuci tangan adalah proses yang secara mekanis melepaskan kotoran dari kulit tangan dengan menggunakan sabun biasa dan air. Mencuci tangan merupakan salah satu unsur pencegahan penularan infeksi.

    “Perilaku mencuci tangan adalah masalah yang dianggap mudah. Begitu mudahnya sehingga banyak orang mengabaikannya. Padahal perilaku mencuci tangan mampu mencegah berbagai jenis penyakit,” kata Rosdinah

    Rosdinah menuturkan, mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit Diare dan ISPA. Tingkat efektivitas mencuci tangan dengan sabun dalam penurunan angka penderita diare mencapai 44 persen.

    “Bukti-bukti telah ditemukan bahwa praktek-praktek menjaga kesehatan dan kebersihan seperti – mencuci tangan sebelum dan sesudah makan/ buang air besar/kecil – dapat mengurangi tingkat infeksi hingga 25%,” papar Rosdinah.

    Diungkapkan Rosdinah, penelitian juga telah membuktikan bahwa selain diare dan infeksi saluran pernapasan, penggunaan sabun dalam mencuci tangan mengurangi kejadian penyakit kulit, infeksi mata seperti trakoma, dan cacingan khususnya untuk ascariasis dan trichuriasis.

    sandi

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • UPT Puskesmas Tembilahan Hulu Gelar Lomba Senam CTPS Tingkat SD, SMP dan SMA
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    6 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    7 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    8 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    9 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
    10 Ida Yulita: Anggaran Honor PMB RW Sebesar Rp. 13 Miliar, RT/RW Cuma Dapat Caci Maki
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved