www.riaukontras.com
| Forum Diskusi Publik ditaja Kemenkominfo RI,Mahfud MD dan Gun-Gun Siswandi Hadir sebagai Narasumber | | Semua Fraksi DPRK Setujui APBK-P 2019 Kota Banda Aceh | | Danrem 012/TU Pimpin Sertijab Dandim Nagan Raya dan Abdya | | Freddy Hadinata Sianturi: Tuhan Proses Hidup Saya dengan Sangat Luar Biasa | | Plt Bupati Kampar: Terimakasih Kepada yang Telah Berpartisipasi Sukseskan HUT RI ke-74 | | Kloter 01 Debarkasi Batam Tiba, Isdianto Sambut di Bandara, Arif Tunggu di Asrama Haji
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 20 08 2019
 
Bupati Siak, Drs.H. Alfedri MSi, Berikut Upaya dalam Mengatasi Karhutla di Kabupaten Siak
Editor: | Kamis, 15-08-2019 - 21:24:50 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Siak, Drs.H. Alfedri MSi, Berikut Upaya dalam Mengatasi Karhutla di Kabupaten Siak
  •  

    SIAK, RIAUKontraS.com - Kamis 15/08/2019. Kita semua tidak menginginkan bahwa peristiwa bencana kabut asap pada 2015 di Riau terulang. Banyaknya karhutla akhir-akhir ini menyebabkan kabut asap semakin tebal. Mata terasa pedas, tenggorokan tidak nyaman, kualitas udara segar menurun, sehingga berbahaya bagi pernapasan.

    Kalau sudah terbakar, kita semua yang akan dirugikan. Seperti kesehatan terganggu, kegiatan ekonomi terganggu, dan masyarakat tak bisa terlalu lama berada diluar rumah.

    Hal itu disampaikan Bupati Siak, Drs Alfedri MSi dalam Apel Siaga Karhutla, bekerjasama dengan Gapki (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) Riau, dan PT Astra Agro Lestari di PT Kimia Tirta Utama di Lapangan bola komplek PT. Kimia Tirta Utama, Kecamatan Koto Gasib, Selasa 13/08/2019 lalu.

    "Apel ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dari semua pihak, untuk menangani kasus kebakaran hutan dan lahan yang sedang terjadi di daerah kita", jelasnya.

    Bupati Siak Alfedri dengan sigap turun langsung untuk mencari solusi agar kebakaran lahan yang ada di Siak terselesaikan. Bupati bersama unsur OPD, Ulama, Tokoh Masyarakat, TNI dan Polri, juga telah melakukan gelar Sholat Istisqo. Saat itu, dalam arahan, Alfedri meminta kepada semua unsur untuk khusyuk berdo'a meminta kepada Allah SWT untuk diturunkan hujan agar kebakaran tidak semakin meluas.

    Oleh karena itu, sebut Alfedri, ia mengajak semua pihak untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena semua itu yang akan memicu kebakaran.

    "Presiden RI Joko Widodo juga menghimbau, agar kita semua bisa mencegah sebelum terjadi. Karena jika sudah terjadi kita semua yang bakal kewalahan", ujar Bupati Siak Alfedri.

    "Kita lebih mengutamakan pencegahan melalui patroli, mengingatkan camat bersama babinsa kita minta berkeliling dengan babinsa mengimbau agar jangan membakar lahan. Juga memperbanyak baliho dan spanduk-spanduk, kepada perusahaan juga kita mintakan ikut mensosialisasikan," ujar Bupati Siak, Alfedri.

    Semua yang dikakukan merupakan tindak lanjut dari Rakornas Penanggulangan Karhutla 2019 di Istana Negara di Jakarta beberapa waktu lalu.

    "Babinsa dan Babinkamtibmas, diharuskan mengecek langsung jika akan ada titik api, sehingga penanggulangannya akan bisa dilaksanakan secepat mungkin", jelas Alfedri menyampaikan kembali arahan Presiden RI Joko Widodo.

    Upaya yang dilakukan pemimpin Siak itu, juga menerbitkan regulasi Peraturan Bupati tentang Siak Hijau, yang memuat pengaturan zonasi tata ruang untuk konservasi, perkebunan, industri dan pemukiman.

    “Komitmen Siak Hijau ini, juga didukung oleh masyarakat sipil dan Non Governmnet Organization (NGO) yang tergabung dalam koalisi ‘Sedagho Siak’. Koalisi ini komit memberikan segala bentuk dukungan teknis yang dibutuhkan,” ujarnya.

    Menurutnya, kebakaran hutan dan lahan untuk tahun 2019 ini memang lebih rendah dari tahun 2015, namun meningkat dari tahun 2018. Untuk itu, semua pihak harus bahu membahu dalam melakukan perbaikan dan jika sudah terlanjur tercetus, lalu segera dibuka. Jangan hanya menunggu petugas damkar, Manghala Agni atau TNI / Polri saja. Siapapun yang melihat pertama kali, segera padamkan sebisanya sekali sembari mengontak petugas.

    "Saya minta semua pihak untuk terus melakukan antisipasi dalam menghadapi Kebakaran Hutan dan lahan yang sudah terjadi saat ini, mulai dari Pemerintah daerah melalui BPBD Kabupaten, Provinsi, serta TNI,POLRI," tutup Alfedri.***adv

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Siak, Drs.H. Alfedri MSi, Berikut Upaya dalam Mengatasi Karhutla di Kabupaten Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved